web widgets

Kamis, 19 September 2013


MANGGA HARUM MANIS 


             
         Mendengar mangga harum manis, pastinya terbesit dalam benak kita buah mangga yang memiliki aroma harum dan mempunyai rasa yang manis. 
Ya........ memang demikianlah karakter dari mangga harum manis, ia memiliki rasa manis total saat masak dan keharumannya yang khas. Mangga Harum Manis merupakan mangga asli Indonesia, mangga ini menjadi varietas unggulan yang dimiliki negara kita. Dengan sosok kulit luar hijau mulus dan berwarna kuning oranye saat dibelah, menjadikan setiap orang ingin menyantapnya. Mengenai rasanya, tidak ada keraguan pada mangga yang satu ini. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, mangga khazanah nusantara ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat internasional, naiknya pamor mangga ini pastinya tidak lepas dari peran serta stakeholder-stakeholder terkait. 
          Disamping kelebihan yang dimiliki, pastinya kekurangan pun menyertai, salah satunya yaitu jika dilihat dari penampilan fisiknya, mangga unggulan kita ini kurang begitu menarik, karena memiliki kulit luar hijau mulus. Dengan kata lain penampilan mangga harum manis memang kurang begitu diminati oleh masyarakat internasional, kebanyakan dari mereka lebih menyukai buah-buahan yang berkulit luar menyala (merah, kuning, atau perpaduannya), tak terkecuali pada mangga juga, seperti mangga gedong gincu (mangga andalan ekspor Indonesia). Tapi seiring dengan gencarnya promosi di market internasional, walaupun memiliki tampilan fisik yang kurang menarik, secara perlahan-lahan mangga harum manis sudah mulai diminati masyarakat internasional, dikarenakan memiliki rasa yang manis full dan keharumannya yang khas saat masak.













Malai bunga mangga harum manis

Jika kita menanam bibit mangga harum manis hasil perbanyakan secara vegetatif (mata tunas, sambung susu, sambung pucuk), pada umur 2-3 tahun ia sudah mulai belajar berbuah, dengan syarat asupan pupuk , media dan penyiraman tercukupi. Semakin berumur mangga ini semakin banyak menghasilkan buah. Panen raya biasanya berlangsung pada bulan September-Desember. Tapi sekarang petani-petani kita sudah mulai melirik dan megaplikasikan teknik-teknik membuahkan mangga diluar musim (off season), sehingga untuk panen mangga bisa terjadi lebih awal dari pada musimnya. Pengaplikasian teknik ini bermaksud agar mangga yang dipanen awal bisa menaikkan harganya berkali – kali lipat, oleh karenanya petani-petani kita bisa dapat keuntungan yang lebih besar, dengannya pula petani juga bisa hidup lebih sejahtera.


Bunga harum manis muncul hampir disetiap  tajuknya

Buah mangga harum manis yg masih muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar